Inilah Hal yang Lebih Afdhol Daripada Sedekah




[inilah perihal yang lebih afdhol daripada sedekah]



mengerti kah kamu, kalau sedekah itu mempunyai khasiat yang luar biasa? ya, orang yang dengan bahagia hati merelakan sedikit hartanya buat orang - orang yang tidak sanggup, hendak diberi balasan yang berlipat ganda. tetapi nyatanya, terdapat yang lebih afdhol daripada sedekah. apakah itu?

keutamaan yang hendak diperoleh dari mencari nafkah yang halal buat keluarga merupakan nafkah tersebut lebih afdhol dari sedekah tathowwu’ (sunnah). tidak hanya itu, orang yang mencari nafkah pula hendak memperoleh pahala yang jauh lebih banyak.

dari abu hurairah, nabi bersabda, “satu dinar yang engkau keluarkan di jalur allah, kemudian satu dinar yang engkau keluarkan buat memerdekakan seseorang budak, kemudian satu dinar yang engkau keluarkan buat satu orang miskin, dibanding dengan satu dinar yang engkau nafkahkan buat keluargamu hingga pahalanya lebih besar (dari amalan kebaikan yang disebutkan tadi) , ” (hr. muslim nomor. 995).

imam nawawi membikin judul buat hadis ini, “keutamaan nafkah untuk keluarga dan juga hamba sahaya, dan dosa untuk orang yang melalaikan dan juga menahan nafkahnya buat mereka. ” dalam syarh muslim (7: 82) ,

imam nawawi berkata, “nafkah kepada keluarga itu lebih afdhol dari sedekah yang hukumnya sunnah. ”

syaikh muhammad bin sholeh Al ‘utsaimin rahimahullah sempat menarangkan,

“sebagian orang tatkala bersedekah buat fakir miskin ataupun yang yang lain hingga mereka terasa kalau mereka telah mengamalkan amalan yang mulia dan juga menyangka sedekah yang mereka keluarkan itu amat berarti. ada juga tatkala keluarkan harta mereka buat berikan nafkah kepada keluarganya hingga seakan - akan perbuatan mereka itu kurang berarti, sementara itu berikan nafkah kepada keluarga hukumnya harus dan juga bersedekah kepada fakir miskin hukumnya sunnah. dan juga allah lebih menyayangi amalan harus daripada amalan sunnah, ” (sebagaimana uraian dia dalam riyadhus shalihiin).

nah, perihal ini berlaku untuk kamu, bagaikan seseorang suami. ya, suami mempunyai kewajiban buat membagikan nafkah yang halal kepada keluarganya.

namun, sering - kali terdapat suami yang lebih suka sedekah kepada teman , sebaliknya keluarganya seorang diri terabaikan dari perhatiannya. inilah yang wajib diganti.

ketahuilah, kalau berikan nafkah kepada keluarga juga tercantum sedekah. dan juga perbuatan ini mempunyai ganjaran yang lebih baik daripada sedekah sunnah.



sumber: islampos. com