Poligami Itu Sunnah, Tapi Jadi Haram Jika Niatnya Untuk 6 Hal Ini

Dalam (AL) qur`an dan juga as - sunnah dalam mengatakan tentang hukum poligami, hingga didapatkan, kalau berpoligami itu hukumnya sunnah untuk yang sanggup. dalam firman - nya, allah telah melaporkan:
وَإِنْ خِفْتُمْ أَلَّا تُقْسِطُوا فِي الْيَتَامَىٰ فَانكِحُوا مَا طَابَ لَكُم مِّنَ النِّسَاءِ مَثْنَىٰ وَثُلَاثَ وَرُبَاعَ ۖ فَإِنْ خِفْتُمْ أَلَّا تَعْدِلُوا فَوَاحِدَةً أَوْ مَا مَلَكَتْ أَيْمَانُكُمْ ۚ ذَٰلِكَ أَدْنَىٰ أَلَّا تَعُولُوا

“dan bila kalian cemas tidak hendak mampu berlaku adil terhadap (hak - hak) wanita yatim (bilamana kalian mengawininya) , hingga kawinilah wanita - wanita (lain) yang kalian senangi ; 2, 3 ataupun 4. setelah itu bila kalian cemas tidak hendak mampu berlaku adil, hingga (kawinilah) seseorang aja, ataupun budak - budak yang kalian miliki. yang demikian itu merupakan lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya” [qs. an - nisaa` : 3].

walaupun begitu, jangan hingga berpoligami tetapi dengan tujuan bagaikan berikut. karna resikonya hendak amat berat, di dunia, begitu pula di akhirat, serupa yang dilansir dari kajianlagi.

1. buat mengakhiri perkawinan pertamanya
entah karna bosan ataupun apa dengan perkawinan pertamanya, lalu seseorang suami berdalih poligami demi dapat menghancurkan perkawinan pertamanya.

hasrat jahat ini bisa jadi dapat dirahasiakan, tetapi allah maha ketahui seluruh apa yang terdapat dalam hati umatnya. karenanya, takutlah kamu dengan hukum allah, karna tidak terdapat perbuatan jahat sekecil whatever yang tidak hendak dibalas oleh - nya

2. pamer
poligami merupakan ibadah, hingga tidak selayaknya buat dipamerkan karna bukannya mampu pahala malah mengundang murka allah subhanallahu wa taala.

3. mau menaikkan “koleksi” istri
poligami dengan hasrat cuma mau menaikkan koleksi istri pula tidak diperbolehkan karna bukan tercantum poligami yang disunnahkan, terlebih lagi lebih dekat dengan kedzoliman.

4. terasa sok ganteng
banyak perihal yang harus disiapkan saat sebelum memutuskan poligami. jadi bukan sekadar terasa sok ganteng lalu dapat menggaet sebagian perempuan buat diperuntukan istri. wallahi, seluruhnya hendak sirna bila tidak terdapat ilmunya.

5. menyakiti istri
tidak terdapat kebaikan yang dimulai dari keburukan. kala seseorang suami memutuskan poligami dengan tujuan buat menyakiti istri, hingga dapat aja yang terjalin kebalikannya, sang suami yang malah terluka akibat perbuatannya.

6. cuma buat coba - coba
poligami bukan baju yang dapat dicoba - coba seenaknya, bahwa cocok diteruskan dan juga bahwa tidak cocok dapat dilepaskan. poligami merupakan syariat allah yang wajib dijalankan dengan sebaik - baiknya. bila sanggup, jalankan dengan optimal, tetapi bila tidak sanggup, bersabarlah dan juga bahagialah dengan 1 istri.

nah, bila benar diniatkan buat 6 perihal diatas, lebih baik jangan. karna dosanya tidak cuma di dunia, tetapi pula dipertanggung jawabkan di akhirat nanti.






( sumber: wajibbaca. com )