Inilah 8 Pintu Surga dan Penghuninya

Seluruh umat islam tentu mau masuk syurga, karna disitulah tempat berkumpulnya para nabi, teman dan juga orang - orang shalih. di surga pula, kita pula dapat memandang muka rabb subhanahu wa ta’ala.

bila ditanya apakah mau masuk surga ataupun tidak, hingga seluruh orang yang ditanya itu juga hendak serempak menanggapi, “iya, kami ingin masuk surga! ” tidak terdapat umat islam - selama masih waras ide budinya - yang tidak mau masuk surga. karna surga merupakan tempat akhiran yang indah yang diperuntukkan allah ta’ala buat para hambanya yang taat kepadanya.

dalam banyak riwayat hadits disebutkan, kalau pintu surga terdapat 8 (8). di antara nama - nama pintu surga itu, sebagaimana tercantum dalam riwayat berikut ini:

dari abu hurairah radhiyallahu anhu, rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda, “barangsiapa yang menginfakkan hartanya di jalur allah, tentu dia hendak terpanggil dari pintu - pintu surga: ‘wahai hamba allah, ini merupakan kebaikan. barangsiapa tercantum orang yang aktif mengerjakan shalat, dia hendak terpanggil dari pintu shalat. barangsiapa tercantum orang yang berjihad, dia hendak terpanggil dari pintu jihad. barangsiapa tercantum orang yang giat berpuasa, dia hendak terpanggil dari pintu ar - rayyaan. dan juga barangsiapa tercantum orang yang gemar bershadaqah, hingga dia hendak terpanggil dari pintu shadaqah”. (hr. bukhari dan juga muslim).

alangkah beruntungnya apabila kita dapat masuk ke dalam surga allah ta’ala. apatah lagi setelah itu terpanggil dari kedelapan pintu itu. begitu luar biasa bila terdapat. dan juga nabi mengabarkan kepada kita, benar terdapat orang yang hendak terpanggil dari 8 pintu surga buat memasukinya. siapakah dia ini? dia merupakan abu bakar ashshiddiq radhiyallahu anhu

laporan ini di informasikan nabi kepada abu bakar sebagaimana hadits berikut:

dari abu hurairah radhiyallahu anhu kalau rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

barangsiapa yang bershadaqah sejoli fauna di jalur allah, hingga dia hendak terpanggil dari seluruh pintu surga dengan perkataan: hai hamba allah, inilah yang lebih baik. barangsiapa yang tercantum kalangan orang - orang yang mengerjakan shalat hingga dia dipersilakan masuk syurga lewat pintu shalat. barangsiapa yang tercantum kalangan orang - orang yang berjihad, hingga dia dipersilakan masuk surga lewat pintu jihad. barangsiapa yang tercantum kalangan orang - orang yang berpuasa, hingga dia hendak terpanggil dari pintu ar - rayyan. dan juga barangsiapa yang tercantum kalangan orang - orang yang suka bershadaqah , hingga dia dipersilakan masuk syurga malalui pintu shadaqah.
abu bakar radhiyallahu anhu mengatakan: demi bapak dan juga ibuku, wahai rasulullah, dari pintu mana aja bukanlah permasalahan. lalu terdapatkah orang yang terpanggil dari seluruh pintu itu? dia menanggapi: terdapat, dan juga saya berharap kalian tercantum di antara mereka. (muttafaq ‘alaih)

demikianlah teman nabi yang mulia abu bakar, terpanggil dari 8 (8) pintu surga karna semangatnya dia dalam bersedekah, berjihad, berpuasa dan juga lain - lain kebaikan sampai - sampai dia memperoleh keistimewaan ini.

lalu, bisakah kita memperoleh perihal seragam? terpanggil dari 8 pintu surga? kerasanya, susah sekali menandingi abu bakar dari seluruh segi buat mendapatkan keistimewaan ini. hendak namun, ayo kita tepiskan kerasa pesimis ini dan juga menengok suatu hadits yang fadhilahnya sangat besar ini:

diriwayatkan dari umar bin al - khaththab radhiyallahu ‘anhuma mengatakan, “rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda,

barangsiapa yang berwudhu kemudian mengucapkan, ‘asyhadu allaa ilaaha illallah wahdahu laa syarikalahu wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa rasuuluhu‘ (saya bersaksi kalau tidak terdapat tuhan yang berhak disembah tidak hanya allah, dan juga saya bersaksi kalau nabi muhammad merupakan hamba dan juga rasulnya) , dibukakan untuknya pintu - pintu surga yang 8, dan juga ia mampu masuk dari pintu manapun yang diinginkannya‘. ” (hr muslim)

allahu akbar. nyatanya kita dapat memperoleh keistimewaan buat dapat masuk ke dalam 8 pintu surga, apabila kita dikala usai mengerjakan wudhu’ berdoa dengan doa ini: ‘asyhadu allaa ilaaha illallah wahdahu laa syarikalahu wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa rasuuluhu‘

gimana dengan kalangan perempuan? terdapatkah mereka pula berkesempatan buat masuk pintu surga mana aja, sebagaimana buat kalangan lelaki?

jawabnya iya, mereka juga dapat memperoleh keistimewaan buat masuk ke dalam 8 pintu surga ini dengan melaksanakan amalan sebagaimana hadits berikut ini:

rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda,

“apabila seseorang perempuan sholat 5 waktu, berpuasa bulan ramadhan, melindungi kemaluannya dari zina, dan juga taat kepada suaminya, hingga dia hendak masuk surga dari pintu mana aja yang dia kehendaki. ” [hr. ibnu hibban dari abu hurairah radhiyallahu’anhu, shahihut targhib: 1931]

allahu akbar. cuma dengan melaksanakan 4 (4) perihal seseorang perempuan dapat merambah pintu surga darimana dia kehendaki. begitu sesuatu kemuliaan yang dikasih allah kepada para hambanya.

tetapi buat kalangan perempuan, terdapat catatan yang wajib dicermati. utamanya terpaut dengan ketaatan pada suami - suami mereka. karna nyatanya perihal inilah yang malah berpotensi menjerumuskan mereka ke dalam nerakanya allah ta’ala.

rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda,

“saya diperlihatkan neraka. aku tidak sempat memandang panorama alam serupa hari ini yang amat seram. dan juga aku memandang mayoritas penghuninya merupakan para perempuan. mereka bertanya, ‘kenapa wahai rasulallah? dia bersabda, ‘dikarenakan kekufurannya. ’ kemudian terdapat yang berkatak, ‘apakah kufur kepada allah? ’ dia menanggapi, ‘kufur terhadap pendampingnya, artinya merupakan mengingkari kebaikannya. bila kamu berbuat baik kepada salah seseorang perempuan sejauh tahun, setelah itu ia memandang kamu (sedikit ) kejelekan. hingga ia hendak berkata, ‘saya tidak memandang kebaikan sedikitpun dari kamu. ” (hr. bukhari, nomor. 1052)

wal iyadzubillah, nas’alullah salamatan wal ‘afiyah.

1. pintu surga pertama
pada pintu surga kesatu tertuliskan “laa illa ha illallah muhammadurrosullullah” ialah pintunya para nabi dan juga rosul, tercantum pintunya para suhada dan juga para dermawan.

2. pintu surga kedua
pintu surga berikutnya spesial buat orang yang pakar sholat, orang yang membetulkan wudhunya dan juga meyempurnakan rukun sholatnya. dari uqbah bin amir, dia mengalami rosululloh berkhutbah di hadapan orang - orang. yang dia miliki dari perkataan rasul merupakan sabda dia:

“tidaklah seseorang muslim berwudhu, kemudian memperbagus wudhunya, kemudian dia melaksanakan sholat 2 rokaat dengan sepenuh hati dalam 2 rakaat tersebut menghadapkan hati dan juga mukanya, melainkan surga tentu berhak is miliki. ” akupun mengatakan: “betapa bagusnya perihal ini. ” seketika terdapat seorang yang berdialog di hadapanku. la berkata kalau sabda dia yang saat sebelum itu lebih menarik lagi. akupun melihatnya, nyatanya dia merupakan umar. la mengatakan: “sungguh, saya amati engkau ini baru aja tiba. rosul telah bersabda: “tidaklah salah seseorang di antara kamu berwudhu, kemudian menyempurnakan wudhunya, setelah itu dia berdoa: `asyhadu anla ilaha illalloh wa anna muhammadan ‘abdullohu wa rosuluh’, melainkan hendak dibukakan untuknya pintu surga yang 8. la dapat masuk dari pintu manapun yang dia suka. ” (hr. muslim)

3. pintu surga ketiga
pintu surga ketiga merupakan buat orang - orang yang keluarkan zakat dengan ikhlas. rasulullah shallallahu ‘alaihi wassallam bersabda :

“barangsiapa yang berinfak dengan sejoli hartanya di jalur allah hingga dia hendak terpanggil dari pintu - pintu surga, ‘hai hamba allah, inilah kebaikan. ’ hingga orang yang tercantum kalangan pakar shalat hingga dia hendak terpanggil dari pintu shalat. orang yang tercantum kalangan pakar jihad hendak terpanggil dari pintu jihad. orang yang tercantum kalangan pakar puasa hendak terpanggil dari pintu ar - royyan. dan juga orang yang tercantum kalangan pakar sedekah hendak terpanggil dari pintu sedekah. ” (hr. bukhari)

al - qadhi menukil perkataan al - harawi kala mencerahkan arti berinfak di jalur allah dalam hadits ini mencakup berinfak buat seluruh wujud amal kebaikan, bukan spesial buat jihad aja (al - minhaj, 4/352)

4. pintu surga keempat
merupakan pintu surga spesial untuk orang yang memerintahkan pada kebaikan dan juga melarang kemungkaran. buat merambah pintu surga itu kita wajib melaksanakan amal shaleh.

“bagi tiap orang yang beramal ada suatu pintu spesial di surga yang ia hendak terpanggil lewat pintu tersebut karna amal yang telah dikerjakannya. ” (hr. ahmad dan juga ibnu abi syaibah)

5. pintu surga kelima
pintu surga kelima merupakan pintu untuk orang - orang yang memutuskan nafsu syahwatnya, pula menghindari hawa nafsunya. saat ini perzinaan telah dikemas jadi perbuatan yang seakan - akan sah.

perbuatan yang amat dibenci oleh allah swt. bukan cuma dicoba oleh orang berusia aja, melainkan sudah jadi sikap para anak muda. oleh karena itu, orang yang dapat menahan dan juga melindungi syahwatnya jadi kepribadian muslim yang tentu menemukan jaminan masuk surga.

rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda, “jika seseorang perempuan melindungi shalat 5 waktu, puasa di bulan ramadhan, melindungi kemaluannya dan juga mentaati suaminya hingga dikatakan kepada perempuan tersebut : “masuklah ke surga dari pintu mana aja setimpal yang engkau kehendaki. ”

6. pintu surga keenam
pintu surga keenam merupakan pintunya orang yang ikhlas berhaji dan juga umroh. dan juga apabila mau masuk surga melalui pintu haji dan juga umroh, hingga kita mesti sanggup menunaikan ibadah haji dan juga umroh. sebagaimana hadits riwayat imam ahmad, kalau nabi muhammad shallallahu alaihi wasallam bersabda,

“barangsiapa menyembah allah dan juga tidak mempersekutukan - nya dengan sesuatu whatever, menegakkan shalat, menunaikan zakat, mendengar dan juga taat (kepada perintah allah swt) ; tentu allah hendak memasukkannya melalui pintu surga manapun yang dia maui. dan juga pintu surga itu terdapat delapan”. salah satunya merupakan pintu haji dan juga umroh. dan juga pahala untuk haji mabrur merupakan surga, sebaliknya pahala dari umroh ke umroh selanjutnya merupakan penghapus dosa diantara keduanya”. (hr. bukhori dan juga muslim)

7. pintu surga ketujuh
pintu ketujuh merupakan pintunya orang yang berjihad. dari abu hurairah, rasulullah bersabda:

“barangsiapa yang menginfakkan hartanya di jalur allah, tentu dia hendak terpanggil dari pintu - pintu surga: ‘wahai hamba allah, ini merupakan kebaikan. barangsiapa tercantum orang yang aktif mengerjakan shalat, dia hendak terpanggil dari pintu shalat. barangsiapa tercantum orang yang berjihad, dia hendak terpanggil dari pintu jihad. barangsiapa tercantum orang yang giat berpuasa, dia hendak terpanggil dari pintu ar - rayyaan. dan juga barangsiapa tercantum orang yang gemar bersedekah, hingga dia hendak terpanggil dari pintu shadaqah”. (hr. bukhari dan juga muslim)

8. pintu surga kedelapan
pintu berikutnya dikhususkan kepada orang - orang yang melindungi puasanya. dalam hadistnya nabi muhammad menarangkan kalau mereka yang melindungi puasanya hendak terpanggil dari pintu surga ‘ar - rayyaan’.

mudah - mudahan kita tercantum kalangan manusia yang dikasih kemudahan dalam melaksanakan amal taat kepada allah ta’ala dan juga menghindari maksiat dan juga larangan - nya.

sampai - sampai kita dikasih rahmat buat dapat masuk ke dalam surganya dan juga paling utama dapat terpanggil dari pintu surga mana aja yang kita mau. aamiin ya robb.






( sumber: kabarmakkah. com )