10 Hal yang Allah Perintahkan Pada Kita Agar Mudah Mendapat Rezeki Banyak dan Diberkahi

Bahwa diucap kata rezeki lazimnya kita mengerti dalam perihal modul aja lebih spesialnya merupakan duit hendak namun bahwa kita renungkan rezeki itu dapat berbentuk macam - macam. kesehatan, istri yang shalihah, anak yang shalih dan juga shalihah, sahabat yang baik itu seluruh merupakan rezeki yang dikasih allah kepada kita seluruh.

setelah itu uraian kita tentang kaya itu merupakan orang yang banyak duitnya, memiliki mobil elegan, rumahnya megah dan juga lain sebagainya, hendak namun orang kaya yang mana bahasa arabnya merupakan ghaniy maksudnya merupakan orang yang tidak memerlukan dalam artian orang yang terasa cukup dengan pemberian allah.

terdapat sebagian perihal yang allah perintahkan kepada kita guna dimudahkan rezeki dan juga diberkahi. disamping usaha secara dhahir ataupun bekerja hingga terdapat sebagian usaha secarabatin ataupun wasa’il batiniyah. antara lain merupakan:

1. taqwa
ayo kita ikuti firman allah berikut,

“barang siapa yang bertakwa kepada allah tentu ia hendak mengadakan menurutnya jalur ke luar. dan juga memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka - sangkanya. ” (qs. at - thalak 2 - 3)

dalam ayat ini terdapat 2 perihal yang dijanjikan oleh allah yang kesatu hendak dikasih jalur keluar yang kedua diberi rezeki tanpa disangka - sangka. kebalikannya, orang yang tidak bertaqwa hendak senantiasa dikasih permasalahan yang susah dan juga hendak di tangkal keberkahan rezekinya hingga betul - betul insyaf dari kesalahanya dan juga berulang melanggengkan keta’atan kepada allah swt.

2. istighfar dan juga taubat
coba kita renungkan firman allah dalam tulisan nuh,

“maka saya katakan kepada mereka: “mohonlah ampun kepada tuhanmu, sebetulnya ia merupakan maha pengampun, tentu ia hendak mengirimkan hujan kepadamu dengan rimbun,. dan juga membanyakkan harta dan juga anak - anakmu, dan juga mengadakan untukmu kebun - kebun dan juga mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai - sungai…” (qs. nuh 10 - 12)

ayat ini sesungguhnya terdapat korelasinya dengan ayat athalaq tadi bila tadi orang yang tidak bertaqwa hendak di bagikan permasalahan dan juga dicegah rezekinya hingga kala beristighfar dan juga bertaubat hingga allah hendak membuka berulang pintu rezekinya. sayid qutub mengatakan: “allah menyandingkan kata rezeki dengan istighfar ini banyak ayat dalam al - qur’an. ”

3. syukur terhadap nikmat allah
perihal ini pula telah dipaparkan dalam al - qur’an,

“dan (ingatlah pula) , tatkala tuhanmu memaklumkan: “sesungguhnya bila kalian bersyukur, tentu kami hendak menaikkan (nikmat) kepadamu, dan juga bila kalian mengingkari (nikmat - ku) , hingga sebetulnya azab - ku amat pedih. “ (qs. ibrahim : 7)

trik bersyukur ini dicoba dengan 3 trik yang kesatu syukur dengan lisan (asyukru billisan) dengan mengucapkan kalimat - kalimat yang baik yang mencerminkan kerasa syukur kita terhadap allah swt serupa alhamdulillahirabbil alamin.

yang kedua sukur dengan hati ataupun (assyukru bilqolb) ialah dengan meyakini dalam hati kalau kenikmatan yang dikasih kepada kita whatever wujud dan juga jumlahnya berasal dari allah swt bukan sekedar kerja keras kita.

setelah itu yang ketiga syukur dengan anggota tubuh ataupun (asyukru bil jawarih) ialah bersyukur dengan anggota tubuh dalam makna memakai kenikmatan - kenikmatan yang diberi allah swt dalam rangka melaksanakan ketaatan ataupun kala diberi rezeki terus menjadi melaksanakan keta’atan kepada - nya.

4. ikhraju shodaqoh (keluarkan sedekah)
ada juga dalam al - quran yang melaporkan kalau dengan sedekah hendak melipatgandakan rezeki kita amat banyak sekali antara lain,

“dan benda apa aja yang kalian nafkahkan, hingga allah hendak mengubahnya dan juga ia lah pemberi rezeki yang sebaik - baiknya. ” (qs. saba’ : 39)

dalam ayat lain allah berfirman

“perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang - orang yang menafkahkan hartanya di jalur allah merupakan seragam dengan sebutir benih yang meningkatkan 7 bulir, pada masing - masing bulir: seratus biji. allah melipat gandakan (ganjaran) untuk siapa yang ia kehendaki. dan juga allah maha luas (karunia - nya) lagi maha mengetahui”. (qs. al - baqarah : 261)

rasul menegaskan berulang: sedekah dengan harta tidak hendak menaikkan rezeki menurun.

5. sholat dhuha
salah satu hadist rasul yang menarangkan perihal ini,

”rosulullah saw bersabda: ”allah berfirman, wahai anak adam, janganlah sekali - kali engkau malas melaksanakan sholat 4 rakaat pada pagi hari (sholat dhuha) karna hendak kucukupi kebutuhanmu sampai sore hari” (hr. tirmidzi)

dalam hadist muslim pula telah dipaparkan, rasulullah saw bersabda: “setiap pagi tiap persendian salah seseorang diantara kamu wajib (membayar) sadhaqah, hingga tiap tasbih merupakan sadhaqah, tiap tahmid merupakan sadhaqah, tiap tahlil merupakan sadhaqah, tiap takbir merupakan sadhaqah, amar ma’ruf merupakan sadhaqah, menghindari kemungkaran merupakan sadhaqah, namun 2 raka’at dhuha sudah memadai seluruh perihal tersebut. ” (hr muslim).

6. menolong hajatnya orang lain
sebagaimana sabda rasulullah saw,

“barang siapa yang menolong hajat saudaranya hingga allah hendak menolong hajatnya”

dalam hadist lain, “dan benda siapa mempermudah mempermudah orang yang sulit hingga hendak dimudahkan oleh allah di dunia dan juga akherat, dan juga allah hendak menaungi seorang hamba yang senantiasa berikan naungan kepada saudaranya. ”

7. menikah dan juga beranak - pinak
perihal ini sudah dipaparkan dalam al - qur’an,

“dan kawinkanlah orang - orang yang sendirian di antara kalian, dan juga orang - orang yang layak (berkawin) dari hamba - hamba sahayamu yang lelaki dan juga hamba - hamba sahayamu yang wanita. bila mereka miskin allah hendak memampukan mereka dengan kurnia - nya. dan juga allah maha luas (pemberian - nya) lagi maha mengetahui”. (qs. an - nur : 32)

setelah itu rezeki hendak terus menjadi meningkat dikala mempunyai generasi, sebagaimana janji allah swt.

“janganlah kalian menewaskan kanak - kanak kalian karna cemas kemiskinan. kami hendak berikan rezeki kepadamu dan juga kepada mereka. ” (qs. al - an’am : 151 )

8. berahlaq baik
tiap akhlaq yang baik hendak melahirkan suatu yang baik ataupun dapat diucap dengan rezeki. contoh akhlak yang baik serupa shidiq (jujur ) orang yang jujur itu benar dalam jangka pendek menyengsarakan, hendak namun dalam jangka panjang bahwa ia bersabar hendak memperoleh rezeki yang berlimpah daripada orang yang tidak jujur.

bagaikan contoh seseorang pegawai yang jujur hingga ia hendak menemukan keyakinan dari atasanya setelah itu dinaikkan pangkatnya ditambah gajinya. kebalikannya seseorang pegawai yang tidak jujur dalam jangka pendek ia dapat memperoleh banyak duit karna ketidak jujuranya dengan menipu dan juga mencuri hendak namun tentu sesuatu dikala hendak tercium kelakuanya tersebut yang kesimpulannya dapat diberhentikan dari jabatanya ataupun dipecat.

disamping jujur contoh yang lain ialah amanah (dapat dipercaya) tidak sempat berkhianat terhadap amanat yang dikasih kepadanya tetapi kebalikannya ia hendak melangsungkan amanah tersebut dengan optimal. dengan demikian ia hendak senantiasa dipercaya oleh teman , dan juga tidak gampang buat memnbangun keyakinan itu.

contoh yang lain serupa tabah dalam makna tidak gampang menyerah, ulet dan juga tekun serupa suatu kata mutiara “maan tsabat nabat” benda siapa yang tabah/tegar hingga dia hendak tumbuh.

9. silaturahim
amalan ini amat diajarkan oleh rasulullah dan juga mempunyai fadhilah melapangkan rezeki, dia bersabda,

“barang siapa yang bahagia buat dilapangkan rezekinya dan juga dilapanjangkan usianya hingga hendaklah ia menyambung tali silaturahim. ” (hr. muslim)

karna dalam silatu rahmi ini hendak silih berkenalan, bertukar data, silih berintraksi. dengan demikian pastilah terdapat pengalaman yang dapat silih dikasih, terdapat ekstra ilmu dan juga persaudaraan. yang ini seluruh merupakan salah satu wujud dari rezeki.

10. bersungguh - sungguh dalam berdo’a
doa ibarat senjata untuk orang muslim, seorang yang menginginkan dimudahkanya rezeki hingga jurus yang terakhir merupakan berdo’a dengan serius, dalam kondisi whatever baik berdiri, duduk ataupun terlentang. dalam suatu hadist di jelaskan,

“sesungguhnya allah menyayangi orang yang mati - matian dalam berdo’a“

dalam hadist lain pula rasul telah bersabda,

“sesungguhnya allah maha malu dan juga maha mulia, ia malu bahwa terdapat seseorang hamba yang mengangkut kedua tangannya setelah itu allah menolak permintaan orang tersebut dan juga tidak berikan apa - apa“

tidak hanya berdo’a buat diri seorang diri kita berdo’a buat teman , sabda rasulullah saw,

“do’anya kerabat muslim buat saudaranya muslim tanpa sepengetahuannya amat mustajab”

setelah itu dipaparkan pula kalau kala kita mendoakan teman tanpa sepengetahuanya hingga malaikat hendak mengatakan kepadanya “aamiin dan juga bagimu serupa apa yang kalian pintakan buat saudaramu. ” kita mendoakan sahabat kita supaya dimudahkan rezekinya hingga kita hendak dido’akan oleh malaikat serupa itu pula.









( sumber: http:// www. sholihah. web. id/2016/01/10-hal-yang-allah-perintahkan-kepada. html )